Kamis, 31 Januari 2013

PEDOMAN UJIAN KOMPETENSI KEAHLIAN 2013


Uji Kompetensi Keahlian pada SMK merupakan bagian Ujian Nasional. Hasil  uji kompetensi menjadi indikator ketercapaian standar kompetensi lulusan yang tertuang dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No, 28 Tahun 2009, sedangkan bagi stakeholder akan dijadikan sebagai informasi atas kompetensi yang dimiliki calon tenaga kerja. Uji kompetensi keahlian terdiri dari ujian Teori Kejuruan dan Praktik Kejuruan.
Sebagai pengembangan dan pelaksanaan Kurikulum SMK  yang menggunakan pendekatan berbasis kompetensi (competency-based curriculum), maka UKK harus menggunakan metode penilaian berbasis kompetensi (competency-based assessment). UKK diarahkan untuk mengukur dan menilai performansi peserta ujian meliputi aspek pengetahuan, keterampilan dan sikap.
Pedoman  penyelenggaraan  UKK  untuk Bidang  Kesehatan diatur  lebih  lanjut  dalam Petunjuk  Teknis Ujian  Praktik Kejuruan  SMK  Bidang  Kesehatan Tahun  Pelajaran 2012/2013 yang ditetapkan secara  bersama-sama  dengan Pusat  Pendidikan  dan Pelatihan Tenaga Kesehatan (Pusdiknakes), Kementerian Kesehatan;
Ujian Praktik Kejuruan dilaksanakan dalam rentang waktu 18 Februari sampai dengan 24 Maret 2013; Peserta Uji Kompetensi Keahlian adalah  peserta yang  terdaftar  sebagai  peserta  UN SMK pada Tahun Pelajaran 2012/2013.
Adapun Pedoman UKK selengkapnya dapat dilihat di bawah ini atau diunduh melalui link unduh Pedoman UKK 2013 (Keterangan : tampilan ini ada 2 bagian kolom, kolom kiri untuk mempercepat pencarian halaman, dan bagian kanan untuk tampilan; agar mudah membaca dan lebih besar, klik tanda panah < yang ada di sudut kiri kolom kiri; klik juga untuk menampilkannya kembali)
Apabila, karena proses terbukanya lambat, sebaiknya mengunduh langsung file melalui link address ini
 PEDOMAN UKK 2013


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

AUTOCAD 2010 : Fungsi Draw dan Modify Toolbar

AutoCAD adalah perangkat lunak komputer CAD untuk menggambar 2 dimensi (2D) dan 3 dimensi (3D) yang dikembangkan oleh Autodesk. Keluarga pro...