Kamis, 30 Mei 2013

PELUNCURAN SEPIK (Sistem Elektronik Pemantauan Implementasi Kurikulum)


Hari ini Kamis, 30 Mei 2013 mendapatkan informasi dengan diluncurkannya SEPIK (Sistem Elektronik Pemantauan Impelentasi Kurikulum), setelah disahkannya Kurikulum 2013 oleh DPR untuk dilaksanakan. Sehubungan dengan peluncuran laman tersebut, berikut sambutan Ketua Unit Implementasi Kurikulum Pusat :

SAMBUTAN
KETUA UNIT IMPLEMENTASI KURIKULUM PUSAT
dalam

PELUNCURAN SEPIK
(Sistem Elektronik Pemantauan Implementasi Kurikulum)

Selasa, 28 Mei 2013
Kompleks Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Jakarta


Assalamualaikum wr.wb.
Selamat Datang Kurikulum 2013
Dalam rangka menyongsong dan menyiapkan lahirnya generasi emas Indonesia, maka Kemdikbud meluncurkan kurikulum baru yaitu Kurikulum 2013.
Setelah melalui perjalanan panjang dan berliku, akhirnya Kurikulum 2013 mendapatkan restu dari berbagai pihak untuk diimplementasikan.
Kini saatnya kita memasuki era implementasi kurikulum ini, tentu saran perbaikan tetap diharapkan guna meminimalisasi hal yang tidak perlu terjadi di lapangan.
SEPIK (Sistem Elektronik Pemantauan Implementasi Kurikulum) ini diluncurkan untuk melakukan pemantauan terhadap implementasi kurikulum yang meliputi: distribusi buku, pelaksanaan pelatihan dari Instruktur Nasional, Kepala Sekolah, Pengawas Sekolah, Guru Inti hingga Guru Sasaran. SEPIK menyediakan fitur-fitur yang diperlukan bagi Pendidik dan Tenaga Kependidikan untuk mengakses lebih jauh pelaksanaan pelatihan.
Akhirnya, saya sampaikan Selamat dan Terima Kasih kepada semua pihak yang telah memberikan dedikasinya terhadap Implementasi Kurikulum 2013. Semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberikan keberkahan kepada kita semua. Amin!

Tjipto Sumadi

Dan berikut adalah informasi tentang laman tersebut :

Tentang Sepik

SEPIK adalah Sistem Elektronik Pementauan Implementasi Kurikulum. Sistem ini dikelola oleh Unit Implementasi Kurikulum 2013, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Fungsi utama SEPIK adalah :

  1. Menampilkan Informasi untuk Publik secara detil mengenai 6.325 Sekolah Sasaran, 74.289 PTK Sasaran, Jadwal dan Lokasi Pelatihan di 6 Region dan 31 LPMP.
  2. Memantau Status Distribusi Paket Buku ke LPMP dan sekolah sasaran Kurikulum 2013 sebagai e-livereport.
  3. Memantau Status Keterlaksanaan Pelatihan Instruktur Nasional, PTK Inti dan PTK Sasaran di LPMP sebagai e-livereport.
SEPIK dioperasikan oleh 7 Kelompok Operator sebagaimana gambar berikut:


SEPIK berada di server fasilitas awan (Clouds) Jardiknas Pustekkom dengan nama sub-domain kurikulum.kemdikbud.go.id. SEPIK dapat diakses oleh kelompok operator dengan tingkat dan hak akses (Privilage) yang telah diatur oleh Administrator. 
Pada laman tersebut juga diinformasikan tentang Sasaran SEPIK seperti tergambar berikut ini (klik gambar untuk menuju laman/webpage, klik tombol kuning SKIP-AD (LEWATI) di kanan atas, jika muncul laman Adf-ly) dengan mengklik gambar beriku yang akan terbuka adalah daftar Provinsi beserta Daftar SD, SMP, SMA dan SMK di Indonesia yang akan menjadi Sasaran Implementasi Kurikulum 2013, jika kita klik tepat pada jumlah berdasar lajur Provinsi dan Jenis Sekolah, maka akan terbuka laman nama-nama Sekolah Sasaran Implementasi Kurikulum 2013 :
Sasaran Implementasi Kurikulum 2013 khusus untuk SMK se Jawa Timur, bisa langsung mengklik gambar berikut ini :

Khusus untuk Provinsi Jawa Timur, berikut ini Daftar Sekolah yang menjadi Sasaran Implementasi Kurikulum 2013 (silahkan klik sesuai jenis sekolah) :
Catatan : klik tombol kuning SKIP-AD (LEWATI) di sebelah kanan atas jika muncul laman Adf-ly

1 komentar:

  1. Nama-nama guru inti dari masing-masing kabupaten kapan diupload ?

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

AUTOCAD 2010 : Fungsi Draw dan Modify Toolbar

AutoCAD adalah perangkat lunak komputer CAD untuk menggambar 2 dimensi (2D) dan 3 dimensi (3D) yang dikembangkan oleh Autodesk. Keluarga pro...