Minggu, 11 Agustus 2019

GAMBAR TEKNIK MANUFAKTUR 2 : Toleransi dan Suaian

Toleransi adalah suatu penyimpangan ukuran yang diperbolehkanatau diizinkan. Kadang pekerja hanya mengerjakan bagian mesin tertentu saja, sedangkan pekerja yang lain mengerjakan bagian lainnya. Namun, antara satu bagian dengan bagian lain dari bagian yang dikerjakan ituharus bisa dipasang dengan mudah. Oleh karena itu, harus ada standar ketepatan ukuran yang harus dipatuhi dan dipakai sebagai pedoman dalam mengerjakan sesuatu benda agar bagian-bagian mesin itu dapat dipasang bahkan ditukar dengan bagian lain yang sejenis.

Suaian adalah istilah untuk menggambarkan tingakt kerekatan atau kelonggaran yang mungkin dihasilkan dari penggunaan kelegaan atau toleransi tertentu pada elemen mesin yang berpasangan. Dengan adanya toleransi akan terjadi perbedaan-perbedaan ukuran dari bagian yang selesai dikerjakan dan akan dipasang. Namun, perbedaan ini masing-masing dijamin untuk bisa dipasang dengan bagian yang menjadi pasangannya. Jika bagian itu dipasang atau digabungkan, akan terjadi satu keadaan tertentu yang merupakan hasil dari gabungan atau pasangan itu sendiri. Keadaan hasil pasangan tersebut dinamakan suaian (fits)

Toleransi dan Suaian

Tanda Pengerjaan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

AUTOCAD 2010 : Fungsi Draw dan Modify Toolbar

AutoCAD adalah perangkat lunak komputer CAD untuk menggambar 2 dimensi (2D) dan 3 dimensi (3D) yang dikembangkan oleh Autodesk. Keluarga pro...