Senin, 12 Agustus 2019

GAMBAR TEKNIK MANUFAKTUR 3 : Menggambar 2D dengan AutoCAD

Perkembangan teknologi informasi saat ini sudah sangat pesat dan hal ini sangat berdampak terhadap kegiatan yang menunjang perkerjaan kita sehari-hari. Dalam bidang perancangan dan pengembangan produk perkembangan teknologi informasi sudah sangat terasa dampaknya yaitu dengan ditandai banyak bermunculan software-software yang mempermudah dan membantu kita dalam memecahkan permasalahan yang ada dalam bidang perancangan, mulai dari tahapan perencanaan (planning) sampai dengan tahapan produksi (Production Ramp Up). 

Tahapan perencanaan terutama dalam bidang desain produk saat ini sudah banyak software yang menunjang kegiatan tersebut yang dalam hal ini yaitu software CAD (Computer Aidded Design). Beberapa pabrikan software CAD saat ini berlomba untuk dapat bersaing di industri manufaktur antara lain adalah: Autodesk, Dessault System, dan Wildfire, yang masing-masing mengeluarkan produk unggulannya. Namun pada prinsipnya mereka itu sama yaitu merupakan sebuah alat bantu dalam membuat perencanaan desain dan gambar kerja. Salah satu software yang sudah banyak digunakan di dunia pendidikan adalah AutoCAD.  

Menjalankan AutoCad
Untuk mulai bekerja dengan AutoCAD, jalankan aplikasi AutoCAD di komputer Anda, dan ikuti langkah-langkah berikut ini :
1. Nyalakan komputer Anda, tunggu sampai proses booting selesai
2. Klik tombol Start pada taskbar
3. Pilih Program > AutoCAD, dan klik AutoCAD

Pada AutoCAD 2010, icon shortcut untuk membuka program seperti gambar di bawah ini:
Selanjutnya silahkan dibaca materi dalam file pdf berikut ini :


Materi Bab 1 sampai Bab 3 
Materi Bab 4

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

AUTOCAD 2010 : Fungsi Draw dan Modify Toolbar

AutoCAD adalah perangkat lunak komputer CAD untuk menggambar 2 dimensi (2D) dan 3 dimensi (3D) yang dikembangkan oleh Autodesk. Keluarga pro...